16 October 2006

Bahan bakar kereta dari sapi - CowFuel

BBCIndonesia.com Laporan Mendalam Bahan bakar kereta dari sapi


Bahan bakar kereta dari sapi
Tim FranksBBC Newsnight

Organ seekor sapi bisa memotori perjalanan kereta empat kilometer
Di dalam rumah jagal di Linkoping, Swedia, sapi-sapi menunggu dengan tenang, kadang-kadang melongok ke arah kamera kami.

Beberapa menit berjalan dari sana melewati ruang penjagalan yang berdinding putih, turun tangga ke lantai bawah tanah, kami sampai ke tempat penyimpanan bahan mentah biogas.

Dikeliling bau anyir, di ruangan itu terkumpul organ sapi seperti lemak dan organ dalam. Organ dalam sisa dari seekor sapi bisa menjalankan kereta sepanjang 4 kilometer.

Sebuah mobil tangki mengumpulkan organ-organ itu dan membawanya ke pabrik biogas, tempat organ sapi di masak secara perlahan selama sebulan, sebelum gas methan bisa ambil dari ramuan tersebut.

Harga minyak meroket

Kereta penumpang pertama yang memakai bahan bakar biogas membawa penumpang dari kota Linkoping dan Vastervik di Swedia. Dan gas itu dihasilkan dari organ dalam sapi yang sudah mati.
'Amanda' membawa penumpang dari kota Linkoping dan Vastervik.

Bos perusahaan Svensk Biogas, Carl Lilliehook, mengatakan kereta antara Linkoping dan Vastervik akan 20% lebih mahal apabila menggunakan gas methan dari organ sapi jika dibandingkan dengan diesel solar. Namun harga bahan bakar minyak terus naik.

Di Linkoping, 65 bis sudah mempergunakan bahan bakar biogas. Kota itu mengaku sebagai kota pertama di dunia yang mencoba memakai gas methan untuk memotori bisnya.

Kalau tidak mau memakai gas methan, ada beberapa pilihan lain yang menjadi alternatif bensin. Misalnya campuran bahan bakar bio tingkat tinggi. Tahun ini perusahaan mobil Saab meluncurkan mobil yang memakai bahan bakar bio.

Mesin mobil itu akan menggunakan campuran yang terdiri dari 85% bioethanol yang dibuat dari bit gula asal Brasil.

Harga ekonomis

Para pakar beranggapan bioethanol dan biosolar sebagai zat yang "berkadar karbon netral", karena menghasilkan emisi karbon jauh lebih kecil dari bahan bakar minyak bumi. Dan tanaman yang menghasilkan bahan bakar bio itu tumbuh untuk menyerap gas rumah kaca penghasi karbondioksida.
Saab akan mulai menjual mobil yang memakai bahan bakar bio.

Para direktur perusahaan mobil Swedia, Saab, yang kami wawancara mengatakan perusahaannya ingin menjual mobil bio itu di Inggris, tetapi untuk saat ini infrastruktur bahan bakar bio di Inggris belum ada.
Bioethanol sebesar 5% sebagai campuran bensin baru mulai tersedia di Inggris Raya awal tahun 2005 ini.

Di Swedia, sendiri mobil bio buatan Saab dijual sekitar 1.000 dollar Amerika lebih mahal dari model mobil yang sama dengan bensin.

Namun harga bahan bakar bio campuran di Swedia sepertiga lebih murah dari bensin dan solar. Selain itu perusahaan yang menyediakan mobil bio dibebaskan dari pajak dan pengemudi bebas dari biaya parkir.

Saab memperkirakan dalam satu tahun pertama memiliki mobil bio, pengeluaran pemiliki mobil itu bisa berkurang sekitar 1.000 dollar Amerika.

Kenyataan yang menyedihkan adalah, di seluruh Eropa, sektor transportasi kurang berbuat banyak untuk memenuhi sasaran Protokol Kyoto tentang pengurangan buangan gas rumah kaca.

Sebaliknya kalangan industri sudah cukup mengurangi emisi gas yang berbahaya bagi lingkungan itu.
Tetapi sekarang Komisi Eropa memutuskan untuk menuntut pengurangan emisi dari sektor transportasi dengan mencanangkan sasaran pemakaian bahan bakar bio akhir tahun ini.

No comments: